Apa Itu: Hujan Meteor Perseid

Bulan Agustus 2014 ini diperkirakan akan terjadi hujan meteor perseid yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 11,12 dan 13 Agustus 2014. Bila cuaca cerah dan keadaan mendukung maka anda akan melihat pertunjukan hujan meteor yang indah dan intensif.

Keadaan yang mendukung adalah pada malam hari bila anda berada di alam bebas tanpa lampu dan langit cerah tanpa awan sedangkan bulan dalam keadaan sabit kecil atau berada dalam bayangan bumi seutuhnya. Bila anda dalam keadaan seperti tersebut diatas maka anda akan disuguhi pertunjukan hujan kembang api meteor yang sangat menakjubkan.

Hampir setiap menit anda akan melihat meteor bersliweran di angkasa, dalam sejam kemungkinan anda akan melihat lebih dari 50 meteor berterbangan di angkasa.

Hujan meteor perseid ini diakibatkan oleh lintasan dari awan debu yang dihasilkan oleh komet Swift-Tuttle yang masuk dan terbakar di atmosfer bumi. dan berlangsung mulai dari 17 juli-24 agustus 2014 dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 11-13 Agustus 2014 dengan jumlah sekitar 100 meteor sejam. Penglihatan terbaik berada diarah belahan bumi utara menjelang fajar. Anda akan melihat banyaknya debu-debu bercahaya seperti bintang dan lintasan cahaya yang berterbangan.

Hujan meteor perseid

No comments: